MANTAP, HSU RAIH ADIPURA 3 KALI BERTURUT-TURUT

MANTAP, HSU RAIH ADIPURA 3 KALI BERTURUT-TURUT

30th December 2019 0 By admin

BANJARBARU – Bertempat di Aula Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan, Komplek Perkantoran Gubernur Kalimantan Selatan Banjarbaru. Kegiatan penyerahan Penghargaan Adipura, Adiwiyata dan Properda Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2019, di serahkan langsung Sekretaris Daerah Kalimantan Selatan Drs. H. Abdul Haris, M.Si.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dlaksanakam dalam rangka apresiasi dan penghargaan kepada Kabupaten/Kota dan Lembaga Pendidikan serta perusahaan dan pelaku dunia usaha yang ada di Kalimantan Selatan dalam usahanya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Penghargaan Adipura Daerah adalah merupakan penghargaan yang diberikan kepada Kabupaten dan Kota se-Kalimantan Selatan atas keberhasilannya dalam menjaga kebersihan, pengelolaan persampahan dan lingkungan, baik infrastruktur pemerintahan maupun fasilitas pelayanan publik yang ada di perkotaan dan wilayahnya.

Demikian pula dengan penghargaan Adiwiyata diberikan kepada lembaga pendidikan yang telah berhasil mengelola lingkungan pendidikan dalam usahanya untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Adapun penghargaan Properda tingkat provinsi diberikan kepada perusahaan dan pelaku dunia usaha yang telah berkuntribusi aktif dalam pengelolaan limbah, dan usahanya dalam menjaga lingkungan dan kelestarian alam serta mengedukasi dan membina masyarakat terutama yang berdiam di sekitar wilayah aktifitas perusahaan maupun dunia usaha.

Gubernur Kalimantan Selatan yang diwakili Sekda Prov. Kalsel dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh penerima penghargaan Adipura, Adiwijaya dan Properda tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2019.

Selain itu Gubernur Kalimantan Selatan juga mengharapkan melalui kegiatan penyerahan penghargaan Adipura, Adiwiyata dan Properda tingkat Kalimantan Selatan tahun 2019 ini dapat memacu bagi seluruh stakeholder -stakeholder yang terkait dalam rangka peningkatan pengelolaan lingkungan hidup dan kebersihan baik di tingkat sekolah, lembaga, organisasi maupun lingkungan masyarakat pada umumnya.

Selain itu seperti yang kita ketahui bersama bahwa pengelolaan sampah harus dengan perencanaan dan pelaksanaan yang bijaksana dan ramah lingkungan karena permasalahan persampahan ini haruslah menjadi salah satu perhatian bagi kita semua. Hal ini tidaklah dapat terlaksana tampa ada dukungan dari berbagai pihak dengan secara sinergis dan berkelanjutan.

Pada kesempatan ini Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan akan menyerahkan sebanyak sepuluh buah mobil dump truk bagi kabupaten/kota penerima Adipura tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2019. Kemudian nantinya akan diserahkan penghargaan bagi sekolah Adiwiyata tingkat provinsi Kalimantan selatan, serta penghargaan properda tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2019.

Bupati Hulu Sungai Utara Drs. H. Abdul Wahid HK, MM, M.Si yang hadir dalam kegiatan ini menyampaikan syukur dan bangga Kabupaten Hulu Sungai Utara di tahun 2019 ini kembali meraih Penghargaan Adipura Daerah yang ke-3 kalinya. Dengan harapan prestasi yang telah diraih ini dapat dipertahankan di masa yang akan datang. Ucapan terima kasih juga di sampaikan kepada seluruh pihak yang telah mendukung terutama petugas kebersihan yang dengan dedikasinya yang tinggi selalu melaksanakan tugas dengan baik dan tulus untuk menciptakan kota amuntai yang bersih, indah, dan asri sehingga pencapaian Hulu Sungai Utara Barasih di tahun 2025 dapat terwujud dengan baik.

(HUMPRO/Tirta)
(Foto: HUMPRO/Yusril)