Anisah Wahid, Perempuan Hebat Kalsel Berbagi Inspirasi di HUT Antara

Anisah Wahid, Perempuan Hebat Kalsel Berbagi Inspirasi di HUT Antara

4th December 2019 0 By admin

BANJARMASIN – Hari Ulang Tahun (HUT) ke 82 Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara dan penyerahan Antara Award 2019, menjadi momen spesial bagi Dra. Hj. Anisah Rasyidah Wahid, M.AP Ketua TP. PKK sekaligus Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Daerah Kabupaten HSU.

Pasalnya pada momen HUT LKBN Antara yang digelar di Mahligai Pancasila Banjarmasin Rabu, (4/12), isteri Bupati HSU ini dipercaya sebagai narasumber seminar yang mengangkat tema Perempuan Pilar Peradaban Bangsa.

Hj. Anisah bersama Bupati Barito Kuala Hj. Noormiliyani didaulat sebagai narasumber, karena dua perempuan ini dipandang dan dinilai sebagai perempuan hebat Kalsel yang telah banyak memberikan inspirasi bagi masyarakat Kalsel, khususnya bagi Kabupaten HSU.

“Alhamdulilah kami bisa menghadirkan dua sosok inspiratif ini. Tentu keduanya punya banyak pengalaman dan prestasi yang bisa dibagikan sebagai inspirasi oleh undangan yang hadir,” terang Kepala Biro LKBN Antara Kalimantan Selatan Nurul Aulia Badar di Banjarmasin, saat memberikan sambutan.

Menurut pria yang akrab disapa Olly ini, kedua narasumber tersebut dipilih lantaran sederet prestasi yang mereka raih selama ini. Sehingga seminar yang menjadi rangkaian ajang penyerahan penghargaan Perempuan Hebat Kalimantan Selatan Award 2019 itu sangat tepat menghadirkan sosok perempuan istimewa pula.

Selain itu, Hj Anisah Rasyidah Wahid selama ini dikenal punya peran penting dalam sejumlah torehan prestasi yang diraih Pemerintah Kabupaten HSU di bawah kepemimpinan sang suami Drs. H. Abdul Wahid HK, M.M, M.Si

Anisah pernah menerima penghargaan Pakarti Madya 1 untuk kategori kabupaten oleh pemerintah pusat dalam lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan Tingkat Nasional dalam rangkaian acara Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-25 di Manado, Sulawesi Utara tahun 2018.

Sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten HSU, dia juga punya kepedulian tinggi terhadap kemajuan PKK di daerahnya mulai tingkat kabupaten, kecamatan hingga pelosok desa.

Pemberdayaan PKK begitu getol dilakukannya. Menurut dia, peran strategis PKK luar biasa terkait pengumpulan data ibu hamil, ibu melahirkan, balita, hingga data anak stunting dan lansia.

Dengan data-data tersebut, Anisah ingin PKK bisa berperan mengatasi berbagai masalah yang ada di dalamnya, misalnya untuk perbaikan gizi masyarakat dan perbaikan lainnya.

Alhasil, Kabupaten HSU menerima penghargaan sebagai kabupaten paling inovatif pada Kategori Kinerja Kabupaten/Kota dalam pelaksanaan Konvergensi Intervensi penurunan stunting terintregrasi di Provinsi Kalsel Tahun 2019.

Dalam paparannya Hj. Anisah mengatakan peran penting perempuan dalam mensukseskan program pembangunan di segala aspek baik pendidikan, ekonomi, kesejahteraan, politik dan agama.

Kesempatan itu dimanfaatkan Hj. Anisah mengajak hadirin yang hadir khususnya kaum perempuan untuk meningkatkan kualitas diri, karena dengan kualitas diri yang unggul akan meningkatkan kepercayaan diri untuk berperan aktif dalam program pembangunan.

Menurut Hj. Anisah perempuan pada dasarnya bisa dan mampu untuk berperan dalam program pembangunan selama perempuan tersebut diberikan kepercayaan dan diberdayakan serta dijadikan mitra pembangunan.

“perempuan kalau bisa diberikan kepercayaan dan diberdayakan, maka ia akan mampu menjadi mitra yang baik dalam pelaksanaan program pembangunan” kata Anisah.

HUT ke 82 LKBN Antara dan penyerahan Antara Awards 2019 bagi perempuan hebat kalsel, dihadiri Dirut Keuangan, MSDM dan Umum Perum LKBN Antara Nina Kurnia Dewi, para tokoh pers Kalsel, pejabat Pemprov Kalsel dan sejumlah tamu undangan lainnya.

(HUMPRO/Ahim)