BUPATI WAHID HADIRI PENGUKUHAN GURU BESAR UNISKA PROF. ABDUL MALIK

BUPATI WAHID HADIRI PENGUKUHAN GURU BESAR UNISKA PROF. ABDUL MALIK

2nd November 2019 0 By admin

BANJARMASIN – Sabtu, 02.11.2019. Bertempat di Ballroom Hotel Novotel Banjarbaru acara Sidang Senat Terbuka Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin dengan Agenda pengukuhan Prof. H. Abd. Malik, M.Si, Ph.D sebagai guru besar bidang ilmu reproduksi ternak berlangsung khidmad dan meriah, hal ini dikarenakan dari udangan yang hadir, berhadir salah satu alumnus Uniska dan saat ini telah menjadi Gubernur Kalimantan Selatan yaitu H. Sahbirin Noor atau akrab kita sapa Paman birin.

Dalam kesempatan itu hadir juga orang nomor satu di Kabupaten Hulu Sungai Utara Drs. H.Abdul Wahid HK, M.M, M.Si. Bupati HSU yang didampingi Ketua DPRD HSU Almien Ashar Safari, SKM, seluruh civitas akedemis UNISKA Banjarmasin dan Badan Pengurus Yayasan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin serta undangan lainnya.

Prof. Abd. Malik, M.Si, Ph.D adalah satu-satunya Profesor UNISKA yang berasal dari UNISKA langsung, hal ini adalah sebuah proses panjang dari perjalanan karir seorang Prof. Abd. Malik, M.Si, Ph.D hingga sekarang dapat menjadi Guru Besar di UNISKA Banjarmasin.

Doktor lulusan UPM Malaysia ini membawakan orasi ilmiah dengan judul “Optimalisasi Efisiensi Reproduksi Melalui Tersinkronisasi Estrus Dalam Upaya Meningkatkan Populasi Sapi Potong”. Menurut Abdul Malik peningkatan konsumsi protein hewani asal ternak terus meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi masyarakat sehingga diperlukan upaya untuk mengantisipasinya.

“Ini penting, lewat pemanfaatan teknologi peternakan ini akan meningkatkan populasi sapi potong, sehingga ketergantungan impor bisa ditekan setiap tahunnya dan kebutuhan masyarakat bisa tercukupi” ungkap Prof. Abdul Malik

Adapun Gubernur Kalimantan H. Sahbirin Noor dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga dan syukur karena saat ini UNISKA telah mempunyai seorang Profesor, dan berharap kedepannya UNISKA dapat mencetak profesor-profesor baru di hari-hari kedepan.

UNISKA sebagai lembaga pendidikan yang sudah lama berdiri di Kalimantan Selatan diharapkan bisa menjadi UNIVERSITAS yang melahirkan SDM yang terdepan dan dapat bersaing di kancah dunia terlebih lagi pada era globalisasi dan digitalisasi seperti saat ini, Paman Birin juga berpesan kepada para dosen yang ada di UNISKA Banjarmasin untuk bisa meningkatkan kompetensinya sehingga bisa mengikuti jejak Prof. Abd. Malik, M.Si, Ph.D hingga diharapkan kualitas UNISKA menjadi lebih baik di masa yang akan datang.

“Kepada seluruh orang tua dan penggiat pendidikan di Kalimantan Selatan agar tak henti-henti nya untuk memotivasi dan mendorong generasi Kalimantan Selatan untuk belajar dan berkreasi sehingga dapat menjadi generasi yang unggul seperti yang di harapkan oleh Pimpinan Negara Indonesia Presiden Joko Widodo” ucap Paman Birin

Bupati Hulu Sungai Utara Drs. H. abdul Wahid HK, M.M, M.Si dalam kesempatan itu juga menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas di kukuhkannya Prof. Abd. Malik, M.Si, Ph.D sebagai guru besar bidang ilmu reproduksi ternak UNISKA.

Wahid berharap ilmu dan penelitian Prof. Abd. Malik, M.Si, Ph.D dapat diterapkan, karena potensi besar dari sapi potong pada saat ini masih belum maksimal, melalui berbagai masukan dan ilmu pengetahuan yang ditularkan oleh para ilmuan dan profesor-profesor ini nantinya akan menjadi bahan acuan dan masukan kepada pemerintah, sehingga tujuan dan cita-cita kita bersama dapat terwujud.

(HUMPRO/Tirta)
(Foto: HUMPRO/Yusril)