Pawai Karnaval Pemuda meriahkan Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 di HSU

Pawai Karnaval Pemuda meriahkan Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 di HSU

28th October 2019 0 By admin

AMUNTAI – Tidak henti-hentinya KNPI Hulu Sungai Utara (HSU) berusaha menggelorakan semangat dan persatuan para pemuda di HSU untuk terus berkarya, melestarikan budaya daerah demi kemajuan pemuda dan pembangunan yang ada di Hulu Sungai Utara.

Kali ini dalam rangkaian Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019. KNPI HSU menggelar Pawai Karnaval Pemuda, yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Hulu Sungai Utara, Minggu (27/10)

Acara ini di ikuti oleh ribuan pelajar di Kabupaten Hulu Sungai Utara, mulai dari tingkat PAUD, SD, SLTP, SLTA, hingga mahasiswa. Selain itu juga hadir Bupati Hulu Sungai Utara Drs. H. Abdul Wahid HK, M.M, M.Si didampingi Ketua TP.PKK HSU Dra. Hj. Anisah Rasyidah Wahid, M.AP, Dandim 1001/Amuntai-Balangan Letkol. Inf. Ali Ahmad Satriyadi, Perwakilan Polres HSU, Ketua KNPI HSU Almien Ashar Safari, SKM, Sekretaris Daerah HSU H. M. Taufik, S.Sos, M.M, kepala SKPD serta organisasi kepemudaan yang ada di Hulu Sungai Utara.

Dari seluruh peserta yang mengikuti karnaval tampak mengenakan berbagai macam kostum, mulai dari pakaian adat, ada pula yang mengenakan seragam profesi seperti guru, TNI, Polisi, dokter, dan lain-lain. Bupati HSU melepas langsung peserta pawai karnaval, dengan mengambil start di jalan Ahmad Yani depan Kantor Bupati HSU, kemudian ke Jalan Basuki Rahmat, memutar kembali ke Jalan Ahmad Yani dan berakhir di titik start.

Ketua KNPI HSU Almien Ashar Safari, SKM dalam sambutannya mengatakan Pawai Karnaval Pemuda ini merupakan bagian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91 di HSU, sebelumnya juga dilaksanakan aksi kebersihan di kawasan Sungai Nagara samping Siring Itik Amuntai dan kegiatan kesenian pada Malam Seni Pemuda.

Sesuai dengan tema Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2019 besok yaitu “Gelorakan Semangat Sumpah Pemuda Kita Galang Persatuan dan Kesatuan Bangsa”, kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan para khususnya yang ada di HSU. Sebagaimana diketahui pemuda adalah penerus bangsa dan agen perubahan yang akan membangun Kabupaten HSU di masa-masa yang akan datang. Almien berpesan kepada para pemuda hendaknya cerdas dalam menyaring pengaruh negatif modernisasi saat ini dengan lebih meningkatkan kesadaran dan rasa nasionalisme dalam diri. Sehingga tercipta generasi yang berkualitas, tangguh dan siap berkontribusi dalam memajukan bangsa khususnya Banua yang kita cintai ini.

“Selamat Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019, semoga pemuda yang ada di HSU semakin maju, mandiri, sejahtera, agamis dan produktif. Demi menuju Kabupaten Hulu Sungai Utara yang semakin Mantap” ungkap Almien.

Selanjutnya Ketua KNPI HSU Almien Ashar Safari, SKM membacakan Deklarasi Sumpah Pemuda dan Deklarasi Pemuda Menuju Kabupaten Layak Pemuda tahun 2020, diikuti seluruh pemuda dan peserta yang mengikuti acara tersebut.

Adapun Bupati Hulu Sungai Utara Drs. H. Abdul Wahid HK, M.M, M.Si menyambut baik terselenggaranya acara ini. Wahid mengajak para pemuda untuk berperan aktif dalam kemajuan daerah dengan melakukan hal-hal positif serta menghindari bahaya narkoba yang selalu mengintai khususnya para pemuda.

Kita ketahui bersama penduduk usia produktif lebih besar jumlahnya daripada usia yang lain. Keadaan ini semestinya membuka peluang lebih lebar bagi generasi muda Indonesia menuju Indonesia emas 2045. Jika kualitas sumber daya manusia di Indonesia memiliki kualitas yang mumpuni sehingga akan berimbas pada pertumbuhan ekonomi negara atau yang biasa disebut Bonus Demografi.

“Pemerintah daerah bersama Dinsosnakertrans dan Balai Latihan Kerja (BLK) HSU juga berupaya memberikan program pelatihan yang bisa diikuti para pemuda. Diharapkan organisasi kepemudaan juga bersinergi dengan Dinsosnakertrans dan BLK untuk meningkatkan kompetensi generasi muda di HSU” ungkap Wahid.

Lanjutnya lagi Bupati Wahid juga mengingatkan anak-anak agar bijak bermedia sosial, khususnya gadget agar digunakan sebagaimana mestinya untuk hal-hal yang bermanfaat, kurangi bermain game dengan HP karena akan menyita waktu dan berdampak pada nilai anak di sekolah.

“Pesan Bung Karno pada kita yaitu Jangan mewarisi abu sumpah pemuda, tapi warisilah api sumpah pemuda, artinya jangan hanya puas dengan Indonesia yang sekarang sudah satu bangsa, satu bahasa dan satu tanah air, tapi teruslah kobarkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa untuk melawan segala hal yang memecah belah Indonesia” ujar Wahid.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama pemuda dan masyarakat Hulu Sungai Utara menuju kabupaten/kota layak pemuda tahun 2020, panggung hiburan, fashion show, cek kesehatan dan kuliner gratis, serta undian berhadiah sebagai penambah semangat dan kemeriah peserta pada acara ini.

(HUMPRO/Ami)
(Foto: HUMPRO/Yusril)