Jadi Pembina Upacara HSN, Wabup Husairi Bacakan Sambutan Menteri

Jadi Pembina Upacara HSN, Wabup Husairi Bacakan Sambutan Menteri

22nd October 2019 0 By admin

AMUNTAI – Wakil Bupati Hulu Sungai (HSU) Utara H. Husairi Abdi, Lc menjadi pembina upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2019 di Halaman Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah (Rakha) Amuntai pada Selasa (22/10) pagi.

Menteri Agama RI dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Bupati H. Husairi Abdi, Lc mengatakan peringatan Hari Santri 2019 mengusung tema “Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia”. Isu perdamaian diangkat berdasar fakta bahwa sejatinya pesantren merupakan laboratorium perdamaian. Pesantren merupakan tempat menyemai ajaran Islam rahmatan lil alamin.

Lanjutnya lagi, ada 9 (sembilan) alasan dan dasar mengapa pesantren layak disebut sebagai laboratorium perdamaian, diantaranya:
1. Kesadaran harmoni beragama dan berbangsa;
2. Metode mengaji dan mengkaji;
3. Para santri biasa diajarkan untuk khidmah (pengabdian);
4. Pendidikan kemandirian, keija sama dan saling membantu di kalangan santri;
5. Gerakan komunitas seperti kesenian dan sastra tumbuh subur di pesantren;
6. Lahirnya beragam kelompok diskusi dalam skala kecil maupun besar untuk membahas hal-hal remeh sampai serius;
7. Merawat khazanah kearifan lokal;
8. Prinsip maslahat (kepentingan umum) merupakan pegangan yang sudah tidak bisa ditawar lagi oleh kalangan pesantren;
dan 9. Penanaman spiritual.

“Pesantren tidak hanya mengembangkan fungsi pendidikan, tetapi juga mengembangkan fungsi dakwah dan fungsi pengabdian masyarakat” ucap Husairi.

Peringatan Hari Santri 2019 ini terasa istimewa dengan hadirnya Undang-undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren. Dengan Undang-undang ini negara hadir untuk memberikan rekognisi, afirmasi, dan fasilitasi kepada pesantren dengan tetap menjaga kekhasan dan kemandiriannya. Undang-undang ini pula tamatan pesantren memiliki hak yang sama dengan tamatan lembaga lainnya.

Selain menggelar apel, para dosen dan ribuan santri dan santriwati Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah (Rakha) Amuntai juga mengikuti pawai dalam rangka memeriahkan Hari Santri Nasional 2019.

(HUMPRO/Ami)
(Foto: HUMPRO/Hendri)