Baznas Sukses Laksanakan Program Ibu Hamil Sehat di HSU

Baznas Sukses Laksanakan Program Ibu Hamil Sehat di HSU

3rd September 2019 0 By admin

AMUNTAI – Bertempat di Mesjid Raya At-Taqwa Amuntai, Selasa (3/9). Diadakan acara tasyakuran dan tasmiyahan, sekaligus penutupan kegiatan program ibu hamil sehat tahun 2019.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Drs. H. Abdul Wahid HK, M.M, M.Si, Ketua TP.PKK HSU Dra. Hj. Anisah Rasyidah Wahid, M.AP, Ketua Sementara DPRD HSU Almien Ashar Safari, SKM, Ketua BAZNAS Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H. Gusti Rusdi Effendi, AR, Ketua BAZNAS HSU, Kepala Kantor Kemenag HSU, Ketua MUI HSU, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah serta para alim ulama.

Program Ibu Hamil Sehat BAZNAS Provinsi Kalimantan Selatan diamanahkan pelaksanaanya melalui BAZNAS HSU dengan dana Rp.125.000.000 plus dana BAZNAS kabupaten Rp.10.000.000.

Program ini berjalan sejak tanggal 13 Jumadil Akhir 1440H sampai dengan 3 Muharram 1441H (berlangsung selama 168 hari).

Ketua BAZNAS HSU Drs. H. Tajuddin Noor mengatakan dari 27 peserta program ibu hamil sehat telah melahirkan 25 orang dalam keadaan sehat dan kondisi fisik normal, semantara 2 lainnya masih menunggu kelahiran paling lambat menyongsong bulan 10 Muharram 1441 H atau hari Asyura. Program Ibu Hamil Sehat ini memastikan anak mendapat asupan yang baik khususnya pada masa kehamilan hingga 1000 hari pertama kelahiran (HPK), selain itu juga meningkatkan keberhasilan lingkungan dan meningkatkan akses air bersih dilingkungan rumah.

Lanjutnya lagi, saat ini BAZNAS HSU juga sudah menyurvey 3 desa yang diprioritaskan untuk dibantu, 34 desa yang dipertimbangkan untuk dibantu, 3 desa kurang diprioritaskan yaitu Sungai Limas, Kalintamui dan Banjang. Bantuan ini nantinya akan difokuskan pada penguatan ekonomi, kemanusiaan, diikuti penguatan kesehatan dan penguatan bidan dakwah dan pendidikan.

“Semoga ini menjadi acuan bagi BAZNAS Provinsi untuk menyalurkan kembali dana Zaqat, Infaq dan Shadaqah (ZIS), baik program yang sama ataupun program yang lain” ungkap Tajuddin.

Sementara itu Ketua BAZNAS Provinsi Kalimantan Selatan H. Gusti Rusdi Effendi, AR menambahkan ini adalah kegiatan tasmiyah yang kelima, pada hari ini ada 25 anak yang akan di tasmiyah atau diberi nama, terdiri dari 16 anak laki-laki dan 9 anak perempuan.

“Alhamdulillah semua sehat baik ibu maupun anaknya, menandakan program ini berjalan sukses” ujar Rusdi

Rusdi berpesan agar BAZNAS HSU terus bersinergi dengan jajaran Dinas Kesehatan HSU, Direktur RSUD Pembalah Batuh dan Kepala DPPKB HSU

Bupati Hulu Sungai Utara Drs. H. Abdul Wahid HK, M.M, M.Si menyambut baik dan dan memberikan penghargaan kepada BAZNAS Provinsi Kalimantan Selatan dan Kabupaten Hulu Sungai Utara atas inisiasinya melaksanakan syukuran dan tasmiyahan yang merupakan tindak lanjut program HSU Sehat.

Menurut Wahid program ibu hamil sehat telah banyak memberikan manfaat bagi masyarakat HSU, khususnya dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat, menjaga kesehatan dan asupan gizi yang baik, meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak, mencegah terjadinya stunting serta menekan angka kematian ibu dan anak.

Tidak sampai disitu, Wahid mengatakan BAZNAS sebagai lembaga pemerintah non-struktural dibawah naungan Kementerian Agama, merupakan instrumen untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat yang dikeluarkan masyarakat khususnya umat Islam. Sehingga apabila BAZNAS mampu mengelola potensi zakat dengan baik maka zakat akan berdampak pada pembangunan bangsa dan negara, terutama mampu memberikan dampak positif terhadap pengentasan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Sejak 20 Maret 2019 lalu, telah dilaunching 5 program penyaluran BAZNAS yaitu, Program HSU Cerdas, Program HSU Makmur, Program HSU Sehat, Program HSU Peduli, dan Program HSU Takwa” ungkap Wahid.

(HUMPRO/Tirta/Ami)
(Foto : HUMPRO/Yusril)