PELAKSANAAN SHOLAT IDUL ADHA 1440H DI MESJID RAYA AT-TAQWA AMUNTAI

PELAKSANAAN SHOLAT IDUL ADHA 1440H DI MESJID RAYA AT-TAQWA AMUNTAI

11th August 2019 0 By admin

AMUNTAI – Allahuakbar Allahuakbar, Allahuakbar Walillahilham. Gemar takbir berkumandang di seluruh mesjid dan musholla yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Utara. Menyambut dengan penuh meriah Hari Raya Idul Adha 1440 H.

Pagi-pagi masyarakat ramai bergegas menuju mesjid ataupun musholla terdekat untuk melaksanakan Sholat Ied.

Bupati Hulu Sungai Utara Drs. H. Abdul Wahid HK, M.M, M.Si melaksanakan Sholat Idul Adha 1440H di Mesjid Raya At-Taqwa Amuntai, Minggu (11/8).

Dari pantauan media nampak pula melaksanakan Sholat Ied Wakil Bupati HSU H. Husairi Abdi, Lc, Pimpinan Sementara Ketua DPRD HSU Almien Ashar Safari, SKM, Sekretaris Daerah HSU H. M. Taufik, S.Sos, serta masyarakat Hulu Sungai Utara yang berbondong-bondong dengan sanak keluarga mengisi setiap shaf yang tersedia di dalam maupun halaman Mesjid Raya At-Taqwa Amuntai.

Kali ini Sholat Ied diimami oleh KH. Zainuddin Arif dilanjutkan ceramah agama oleh khatib KH. Abdul Bari.

Dalam ceramahnya KH. Abdul Bari menyampaikan pesan dan makna yang terkandung pada peringatan Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban ini. Pada Hari Raya Kurban hukumnya sunah muakkad setiap muslim mengerjakan Sholat Idul Adha, kemudian dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban sebagai wujud cinta dan taqwa kepada Allah SWT serta penyucian harta dan diri.

“Pada hari raya Idul Fitri para fakir miskin digembirakan dengan pembagian zakat fitrah, tetapi pada Hari Raya Idul Adha mereka digembirakan dengan pembagian daging kurban”

Hari Raya Idul Adha mengingat kembali pada kita peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim AS. yang bersedia mengorbankan putranya Ismail AS. untuk Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh Allah dengan domba.

Hari Raya Idul Adha juga bermakna persatuan umat Islam. Pada hari raya ini umat Islam berkumpul di Tanah Suci Mekkah untuk melaksanakan Ibadah Haji.

“Akhirnya pada saudara-saudara kita yang berkurban semoga menjadi ibadah yang makbul dan kepada saudara-saudara kita yang sedang sibuk menunaikan ibadah haji di Tanah Suci semoga mendapat keselamatan, kemudahan dan mendapatkan haji yang mabrur, amin yaa Rabbal alamin” kata KH. Abdul Bari

(HUMPRO/Ami)
(Foto: HUMPRO/Hendri)