MANTAP, HSU KEMBALI HSU RAIH PENGHARGAAN KOTA LAYAK ANAK

MANTAP, HSU KEMBALI HSU RAIH PENGHARGAAN KOTA LAYAK ANAK

25th July 2019 0 By admin

Selasa (23/07). Bertempat di Hotel Four Point Kota Makassar Sulawesi Selaran, Acara Penganugerahan Kota Layak Anak Tahun 2019, dihadiri langsung oleh Mentri Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak RI Yohana Yambise, para deputi Kementrian PPPA beserta jajaran, Gubernur, Bupati dan Walikota se-Indonesia.

Penghargaan yang di laksanakan setiap tahun ini memberikan kesempatan kepada provinsi, kota dan kabupaten se-Indonesia untuk mengikuti proses seleksi dan penilaian agar nantinya bisa mendapatkan predikat provinsi, kota dan kabupaten layak anak. Dalam kegiatan penganugerahan Kota Layak Anak Tahun 2019 ini diserahkan berbagai penghargaan dari berbagai kategori . Hal ini dimaksudkan agar seluruh stekholders dan unsur yang terlibat dalam proses terwujudnya provinsi, kota dan kabupaten layak anak ini dapat menjadi objek penilaian yang nantinya juga akan mendapatkan penghargaan dalam Acara Penganugerahan Kota Layak Anak.

Kabupaten Hulu Sungai Utara pada Penganugerahan Kota Layak Anak kali ini berhasil meraih kembali Predikat Kota Layak Anak tingkat Madya dimana predikat ini adalah yang kedua kalinya dimana sebelumnya predikat Kota Layak Anak tingkat Pratama juga telah lebih dahulu diraih. Prestasi yang telah diraih ini tidak lepas dari dipenuhinya hak-hak dasar anak dimana Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara memberikan perhatian yang lebih terhadap pemenuhan hak-hak anak di Kabupaten Hulu Sungai Utara. Berbagai kebijakan dan arah pembangunan di Kabupaten Hulu Sungai Utara mengarah kepada peningkatan pemenuhan hak anak yang harus tumbuh sesuai dengan apa yang telah diamanatkan oleh Undang-Undang 1945.

Predikat Kota Layak Anak Tingkat Madya yang diperoleh Kabupaten Hulu Sungai Utara tahun ini juga dibarengi dengan peningkatan klasifikasinya, hal ini dilihat dari diraihnya juga penghargaan Pelopor Ruang Bermain Ramah Anak yang diberikan Kepada Bupati Hulu Sungai Utara Drs. H.Abdul Wahid HK,MM,M.Si. Ruang Bermain Ramah Anak yang menjadi objek penilaian adalah Taman Pahlawan Amuntai yang terletak di Kelurahan Murung Sari Kec. Amuntai Tengah, Kab.HSU, Prov.Kalsel. Taman Pahlawan dikategorikan sebagai Ruang Bermain Ramah Anak, hal ini dilihat dari segi infrastruktur, lokasi dan suasana taman yang ramah terhadap anak. Sehingga kegiatan bermain anak di taman tersebut berjalan dengan aman, nyaman, asri dan edukatif sesuai dengan kalsifikasi yang telah di tentukan.

Drs. H. Abdul Wahid HK, MM,M.Si yang didampingi Kepala Dinas PPPA Kab.HSU, menyampaikan rasa syukur dan bangga atas diraihnya penghargaan kota layak anak kali ini. Penghargaan ini adalah wujud perhatian pemerintah pusat kepada daerah kabupaten hulu sungai utara,dimana pemerintah pusat telah melihat dan memberikan penilaian sehingga Kabupaten Hulu Sungai Utara juga mendapatkan prestasi dan layak untuk menyandang predikat Kota atau Kabupaten Layak Anak tingkat Madya untuk yang kedua kalinya. Dengan berbagai prestasi yang telah diraih Bupati Hulu SungainUtara juga menyampaikan terimakasih peran serta berbagai unsur baik dari Jajaran Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara maupun masyarakat Hulu Sungai Utara yang selalu mendukung dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan khususnya yang berkaitan dengan pemenuhan hak hak dasar anak di Kabupaten Hulu Sungai Utara. Sehingga penghargaan Kabupaten Layak Anak kembali dapat diraih.

(HUMPRO/Tirta)(Foto: HUMPRO/Hendry)