KEMERIAHAN PUNCAK PERINGATAN HARGANAS XXVI TINGKAT NASIONAL DI KALSEL

KEMERIAHAN PUNCAK PERINGATAN HARGANAS XXVI TINGKAT NASIONAL DI KALSEL

6th July 2019 0 By admin

BANJARBARU – Sabtu (6/7) Ribuan tamu dari dalam maupun luar Kalimantan Selatan berkumpul memadati Halaman Kantor Pemprov Kalimantan Selatan untuk menyaksikan acara Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-XXVI Tingkat Nasional tahun 2019.

Acara diawali dengan Pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan do’a. Kemudian para tamu disuguhkan tari Lakon Primata karya dari Sanggar Taman Budaya Kalimantan Selatan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Puan Maharani, Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek, Kepala BKKBN RI Hasto Wardoyo, para tamu undangan mulai dari Gubernur, Bupati dan Walikota se-Indonesia.

Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor, S.Sos, M.H dan ketua Tim Penggerak PKK Prov Kalsel, Hj Raudatul Jannah Sahbirin Noor, SKM menyambut hangat rombongan VIP tersebut dan menuju ke tenda utama.

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, berterimakasih kepada tamu dan undangan yang hadir dari seluruh nusantara. Peringatan Harganas mengingatkan kita semua akan pentingnya arti sebuah keluarga. Jalan hidup manusia bermula dari sebuah keluarga. Kita lahir dan berkembang dalam keluarga. Karena itu hargai dan cintailah keluarga kita secara tulus dan penuh kasih sayang.

“Di Kalimantan Selatan, para leluhur kami telah mengajarkan nilai penting kekeluargaan dan kekerabatan, dimana sejak kecil orang Banjar telah mengenal dengan konsep “Bubuhan” dan Badingsanakan”. Konsep ini mengandung arti persahabatan dan kekerabatan yang tidak hanya dirasakan dari garis keturunan namun semua aspek sosial masyarakat di Kalimantan Selatan” terang Gubernur yang akrab disapa Paman Birin tersebut.

Adapun Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Puan Maharani dalam sambutannya menjelaskan Harganas menjadi peringatan tahunan untuk bisa merekatkan hubungan kekeluargaan dan gotong royong bagi keluarga Indonesia. Peringatan ini penting tapi jangan hanya menjadi seremonial, harus direalisasikan konkrit di dalam keluarga Indonesia.

“Harganas yang diperingati tiap tahun bertujuan memberikan motivasi ke masyarakat bahwa keluarga merupakan fondasi penting membangun keluarga sejahtera” ujar Puan.

Disebutnya, tahun depan Harganas akan akan dilaksanakan di Padang, Sumbar.

Dalam kegiatan itu diserahkan penghargaan untuk program KKBPK sebagai bentuk apresiasi atas komitmen yang ditujukan bagi tokoh masyarakat yang telah berjasa mewujudkan program itu di daerahnya.

Kepala DPPKB HSU Dra. Hj. Anisah Rasyidah Wahid dalam wawancaranya seusai acara mengaku senang peringatan Harganas ke-XXVI di Kalimantan Selatan berjalan dengan sukses dan meriah. Anisah juga berterimakasih atas keberhasilan program DPPKB HSU yang mana ini tidak lepas dari kerjasama yang solid jajaran DPPKB HSU dengan pihak terkait seperti TP.PKK, DWP, Dinas Kesehatan dan DPPPA dan masih banyak lagi.

Anisah selaku Kepala DPPKB HSU berharap kedepannya bisa menjalankan program Keluarga Berencana lebih mantap lagi, dan jalinan kerjasama yang lebih kuat, demi mensejahterakan keluarga-keluarga di HSU baik dari aspek sosial, ekonomi maupun budayanya.

“Dari keluarga nantinya kita bisa membangun bangsa Indonesia yang baik” ujar Anisah.

(HUMPRO/Ami) (Foto: HUMPRO/Yusril)