Wahid “Sehat Dimulai dari Diri Sendiri”

Wahid “Sehat Dimulai dari Diri Sendiri”

6th April 2019 0 By admin

AMUNTAI – Dalam rangka menggelorakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), Dinas Kesehatan Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar senam bersama masyarakat Kecamatan Banjang, Sabtu (6/4)

Ratusan masyarakat dengan antusias mengikuti senam yang berpusat di Lapangan Sepak Bola Banjang ini. Tak ingin ketinggalan Bupati HSU Drs. H. Abdul Wahid HK, M.M, M.Si, Ketua KNPI HSU Almien Ashar Safari, SKM, Camat Banjang Rusmadi Juriani, Perkades se-Kecamatan Banjang, Disporapar HSU, Penyuluh kesehatan, penyuluh pertanian, penyuluh pendidikan, Danramil, Kapolsek Banjang juga turut serta dalam kemeriahan acara tersebut.

Camat Banjang Rusmadi Juriani dalam sambutannya berterimakasih kepada Bupati HSU yang telah berhadir dalam kegiatan ini dan seluruh masyarakat yang telah membantu terlaksananya acara ini.

“Alhamdulillah antusias masyarakat Kecamatan Banjang yang ingin sehat sangat tinggi, terlihat dari banyaknya masyarakat yang hadir bahkan para pedagang yang berjualan didepan lapangan juga mengikuti senam” ujar Rusmadi.

Bupati HSU Drs. H. Abdul Wahid HK, M.M, M.Si dalam bersyukur melihat antusias masyarakat yang mengikuti senam, ini menunjukkan masyarakat Banjang semangat untuk hidup sehat karena sehat itu dimulai dari diri sendiri, dari kebiasaan hidup kita sehari-hari.

Bupati menambahkan Pemerintah Daerah bekerjasama dengan BPJS telah malakukan program UHC atau Universal Health Coverage. Dengan ini masyarakat Hulu Sungai Utara bisa menikmati pelayanan kesehatan. Sehingga tidak ada lagi masyarakat yang. Mengalami kesulitan untuk mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan, baik itu di Poskesdes, Pustu, Puskesmas ataupun Rumah Sakit, baik itu di RSUD Pambalah Barung Amuntai ataupun Rumah Sakit di luar daerah lainnya.

“Seluruh masyarakat Hulu Sungai Utara cukup punya Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik, maka pelayanan ini bisa digunakan” ujar Wahid.

Wahid akan berupaya terus meningkatkan program kesehatan di Hulu Sungai Utara, seperti 1000 HPK, Posyandu, Catin (penyuluhan kesehatan untuk calon pengantin), program dukun beranak melahirkan bidan, dan program kesehatan lainnya sehingga kesehatan masyarakat benar-benar terawasi dan terantisipasi. Bupati berpesan kepada masyarakat untuk rajin melakukan aktifitas fisik, mengkonsumsi makanan bergizi, rajin berolahraga dan jauhi rokok.

Acara yang bertemakan kesehatan ini juga diisi dengan, pembagian hadiah, pemeriksaan kesehatan, konsumsi makanan sehat, pameran buah dan sayur lokal dan tak ketinggalan panggung hiburan sebagai pelepas lelah setelah berolahraga. (HUMPRO/Ami)