Kurangi Sampah Plastik, ini yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup HSU

Kurangi Sampah Plastik, ini yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup HSU

31st March 2019 0 By admin

AMUNTAI – Urusan sampah sudah jadi PR wajib bagi setiap daerah, tidak terkecuali di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU). Terlebih lagi sampah plastik, karena materialnya sangat sulit untuk diuraikan dan membutuhkan waktu lama.

Guna menekan jumlah sampah di HSU dan membangkitkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan, Dinas Lingkungan Hidup melaksanakan gerakan 1000 Tumbler.

Apa itu gerakan 1000 Tumbler? Ahmad Rusydani, S. Gz selaku kasi peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup mengatakan gerakan ini ditujukan bagi masyarakat agar tertarik untuk mengumpulkan sampah yang mana 1 buah tumbler bisa ditukarkan dengan 20 sampah kotak makanan, atau 15 botol air mineral atau 25 buah sampah gelas plastik.

“Kali ini kami bersama KNPI, dan organisasi kepemudaan lainnya menggelar gerakan 1000 tumbler, yang ini merupakan inisiatif untuk mengurangi sampah khususnya sampah plastik yang ada di HSU” ujarnya.

Bupati HSU H. Abdul Wahid HK mengapreasiasi gerakan ini sebagai bentuk kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan.

Bupati berharap dengan gerakan ini bisa mengurangi sampah plastik di HSU serta bisa mempertahankan peringkat Adipura yang didapatkan di masa yang akan datang. (Humpro/Ami)